Ketika lahir tekad kuat membara, seruan bersinergitas pun kini mulai menyeruak.

Berlangsungnya Musyawarah Kerja dan Silaturrahim Akbar Dakwah Kampus Vokasi di ruang 303 lantai 3 Gedung Diploma Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada pada hari Ahad, 14 April 2013 ( 3 Jumadil akhir 1434 H ) kemarin mengisyaratkan adanya keinginan dan tekad kuat agar tercipta sinergitas dalam dakwah kampus vokasi dari Lembaga Dakwah Jurusan (LDJ) tingkat jurusan baik Unit Mahasiswa Muslim Diploma Tiga Ekonomi (UMMATI), Keluarga Muslim Diploma Teknik Elektro (KMDTE), Keluarga Muslim Diploma Teknik Sipil (KMDTS), Keluarga Muslim Diploma Teknik Mesin (KMDTM), dan Jama’ah Vokasi Al-‘Alim (JAVA) sebagai Lembaga Dakwah Fakultas yang menaungi suluruh SKI di bawahnya.

            Acara yang dikemas menjadi diskusi ini cukup lancar dan sukses dihadiri oleh banyak kader meski diadakan di tengah-tengah agenda krusial Ujian Tengah Semester (UTS). Hannif Andy Al-Anshori dan Imam Muttaqin sebagai moderator membuka jalannya diskusi dengan pemutaran video dokumentasi kegiatan-kegiatan bersama. Hannif, sebagai ketua MS JAVA menuturkan acara ini sebenarnya bertujuan untuk memancing kader-kader Dakwah Vokasi agar lebih kompak sehingga dakwah dirasa masif di seluruh penjuru vokasi serta senantiasa mempererat ukhuwah islamiyyah sesama kader. Hannif juga menyebutkan, Vokasi merupakan fakultas yang cukup besar dan luas, terpisah oleh klaster sehingga sangat sulit melihat kondisi dan kerja masing-masing LDJ. Tapi dalam hal ini, tujuannya tetaplah berdakwah, hanya ranah kerja tiap LDJ saja yang berbeda. Untuk itu, diperlukan sinergitas dalam dakwah yang tentunya bukan hanya wacana.

            Dalam diskusi itu, setiap LDJ memaparkan program kerja selama satu periode kepengurusan ke depan. Dari sinilah dapat diketahui bahwasannya terdapat banyak sekali program kerja dari tiap LDJ yang bertubrukan pada waktu yang sama. Berangkat dari hal inilah, ide cemerlang muncul untuk membentuk Jaringan Khusus (jarsus) sehingga lahirnya jarsus diharapkaan semua LDJ dapat bersinergis dalam menjalankan dakwah dan bersatu membentuk kekuatan besar dengan tidak melupakan prinsip optimalisasi dan efektivitas kerja. Jarsus juga akan menjadi wadah yang menampung pelbagai ide dan gagasan kaitannya dengan isu-isu dakwah yang selalu berkembang.

Para Mas’ul Dakwah Kampus Vokasi

Perbedaan idealisme dan paradigma berpikir dari berbagai kluster yang ada di ranah vokasi harus disikapi cerdas dari semua kader. Layaknya alunan musik yang syahdu dari berbagai alat musik yang berbeda dan menghasilkan bunyi yang berbedapun dapat menghasilkan harmonisasi melodi yang indah. Dengan harmonisasi dalam ukhuwah inilah yang akan menjadi akar kuat perjalanan panjang dakwah kampus vokasi untuk selalu bersinergis mencapai visi dan menjalankan misi. Sehingga tidak hanya akan terbentuk brand besar “sinergitas dalam dakwah dan harmonisasi dalam ukhuwah”, namun dapat terimplikasi dengan nyata melalui seluruh kader sebagai jundi-jundi agama islam menuju vokasi madani.

Mas’ul UMMATI dalam presentasinya

Oleh    : Mila Nur Amalia (Departemen Pelayanan dan Syiar JAVA UGM)
Editor  : Hannif Andy Al-Anshori

Kategori: Media Opini

BERIKAN TANGGAPAN: